Friday 16 October 2015

Pengertian Android

Tags


Assalamualaikum para sahabat blogger.

sudah tau apa itu android ? hm kalo dilihat dari logo di atas sih sejenis makhluk ijo seperti monster atau alien.
Makhluk ijo itu bukan berarti kolor ijo ya hehe

Meskipun logonya seperti monster tapi zaman sekarang android lagi booming loo tak percaya ? coba kamu survey aja kalo mau.

Mari kita simak penjelasan tentang android di postingan ini
tapi sebelum itu apa kalian ingat versi android pertama ? Kalo saya sih sudah amnesia hhehe

untuk sama sama mengingat mari kita simak penjelasan tentang android


Pengertian Android

Perangkat berbasis android hanya mempunyai satu layar foreground. Normalnya saat menghidupkan android, yang pertama  Kamu  lihat adalah home. Kemudian bila  Kamu menjalankan sebuah aplikasi catur, User Interfacenya (UI) akan menumpuk diatas layar sebelumnya (home). Kemudian bila melihat help-nya catur, maka UI help akan menimpa UI sebelumnya (catur), begitu seterusnya.Semua proses diatas direkam di  application stack  oleh sistem Activity manager. Menekan tombol back hanya kembali ke halaman sebelumnya,  analoginya mirip dengan browser dimana ketika  Kamu meng-klik tombol back browser akan kembali menampilkan halaman sebelumnya.Setiap User Interface diwakili oleh kelas Activity (Activity Class). Setiap activity mempunyai siklus, dapat dilihat di gambar 1.14. Sebuah aplikasi dapat terdiri dari satu atau lebih activity yang diproses dalam Linux. Jika Kamu bingung dengan penjelasan ini, jangan terlalu dipikirkan. Tetap saja maju terus,Dan jangan pernah menyerah dengan Android

Siklus activity 
Selama siklus ini berjalan, activity bisa mempunyai lebih dari 2 status seperti yang terlihat pada gambar 1.14. Kita tidak bisa mengontrol setiap status karena semuanya sudah ditangani oleh sistem. Namun kita akan mendapat pesan saat terjadi perubahan status melalaui method onXX(). Berikut penjelasan setiap status. 

onCreate(Bundle) 
 Dipanggil saat pertama kali aplikasi dijalankan. Kita dapat menggunakan ini untuk deklarasi variabel atau membuat user interface. 

onStart()  
Mengindikasikan activity yang ditampilkan ke pengguna (user). 

onResume() 
Dipanggil saat applikasi kita mulai berinteraksi dengan pengguna.Disini sangat cocok untuk 
meletakkan animasi ataupun musik.

onPause()
Dipanggil saat applikasi yang Kita jalankan kembali ke halaman sebelumnya atau biasanya karena
ada activity baru yang dijalankan. Disini cocok untuk meletakkan algoritma penyimpanan (save).

onStop()
Diapnggil saat aplikasi Kita berjalan di belakang layar dalam waktu cukup lama.

onRestart()
Activity kembali menampilkan user interface setelah status stop.

onDestroy()
 Dipanggil saat aplikasi benar-benar berhenti.


onSaveInstanceState(Bundle) 
Method ini mengijinkan activity untuk menyimpan setiap status intance. Misalnya dalam mengedit
teks, kursor  bergerak dari kiri ke kanan.

onRestoreInstanceState (Bundle)
Diapanggil saat activity kembali meng-inisialisasi dari status sebelumnya yang disimpan oleh onSaveInstanceState(Bundle).

Sebagai programer,  Kamu  harus mengetahui beberapa komponen aplikasi yang sangat penting seperti activities, intens, service, dan content providers.


a. Activity 
Normalnya setiap activity menampilkan satu buah user interface kepada pengguna. Misalnya sebuah activity menampilkan daftar menu minuman, kemudian pengguna dapat memilih satu jenis minuman. Contoh lainnya pada aplikasi sms tau kan sms ? hehe,dimana satu activity digunakan untuk menulis pesan,  activity berikutnya untuk menampilkan nomor kontak tujuan, atau activity lainnya digunakan untuk menampilkan pesan-pesan lama. Meskipun activity-activity diatas terdapat dalam satu aplikasi sms, namun masing-masing activity berdiri sendiri.Untuk pindah dari satu activity ke activity lainnya dapat melakukan suatu event misalnya tombol diklik atau melalui trigger tertentu.


b. Service 
Service tidak memliki user interface, namun berjalan di
belakang layar. Misalnya music player, sebuah activity
digunakan untuk memilih lagu kemudian di-play. Agar music
player bisa berjalan dibelakang aplikasi lain maka harus
menggunakan service.

c.  Intens 
Intens adalah mekanisme untuk menggambarkan sebuah action secara detail seperti bagaimana cara mengambil sebuah poto.

d.  Content Providers 
Menyediakan cara untuk mengakses data yang dibutuhkan oleh suatu activity, misalnya kita menggunakan applikasi berbasis peta (MAP). Activity membutuhkan cara untuk mengakses data kontak untuk prosedur navigasi. Disinilah peran content providers.

Resource 
Resource digunakan untuk menyimpan file-file non-coding yang diperlukan pada sebuah aplikasi misalnya file icon, file gambar, file audio,  file video atau yang lain.  Gambar berformat JPG atu PNG sebuah aplikasi biasanya disimpan dalam folder res/drawable, icon applikasi disimpan dalam
res/drawable-ldpi dan file audio disimpan dalam folder res/raw. File XML untuk membentuk sebuah user interface disimpan dalam folder res/layout.

Sekian penjelasan singkat dan belum sempurna dari blog saya kali ini semoga bermanfaat
Jangan lupa komen bila ada kesulitan